Ini 4 Jenis Mesin Cutting Sticker Taiwan yang Beredar di Indonesia

Mesin Cutting Sticker Taiwan

Ini 4 Jenis Mesin Cutting Sticker Taiwan yang Beredar di Indonesia

Selain buatan Jepang dan China, beberapa mesin cutting sticker yang beredar di Indonesia ada juga yang merupakan buatan Taiwan dan diproduksi oleh GCC. GCC sendiri merupakan perusahaan asal Taiwan di bidang produksi mesin percetakan. Perusahaan ini telah banyak memasarkan produknya ke beberapa wilayah di Eropa dan Amerika selama kurun waktu 15 tahun terakhir ini. Di Indonesia sendiri telah beredar 4 jenis mesin cutting sticker Taiwan, yaitu Jaguar, Puma, I Craft, dan Expert. Berikut ini merupakan spesifikasi umum dari mesin-mesin tersebut.

Spesifikasi Umum, Keunggulan, dan Kekurangan

Mesin cutting sticker Jaguar IV

Mesin Cutting Sticker Taiwan

Mesin cutting sticker Jaguar cukup jarang digunakan para pebisnis percetakan karena harganya yang tergolong mahal dibandingkan dengan mesin cutting sticker Taiwan lainnya. Seri paling terkenal pada merk ini adalah GCC Jaguar IV. Spesifikasinya meliputi:

  1. Lebar pemotongan maksimal: 610 mm
  2. Lebar media loading maksimal: 770 mm
  3. Ketebalan media maksimal: 8 mm
  4. Daya tekan maksimal: 600 gram
  5. Kecepatan pemotongan maksimal: 1530 mm/s
  6. Dimensi (tinggi x berat x dimensi): 16.3 x 36.6 x 19.2″
  7. Berat bersih: 39.68 lbs

Kelebihan mesin cutting sticker Jaguar IV ialah kompatibel dengan sistem operasi Windows 2000/XP/Vista/7/8 dan MAC OS x 10.4-10.7. Kedua sistem operasi ini sering digunakan oleh pengguna. Sedangkan kekurangannya terletak pada harganya yang cukup mahal, yaitu sekitar Rp 30 juta. Tentu saja sangat berbeda jauh dengan harga mesin cutting sticker Taiwan lainnya yang lebih murah.

Mesin cutting sticker Puma

Mesin Cutting Sticker Taiwan

Mesin cutting sticker Puma dikenal karena kualitasnya yang sangat baik. Merek ini memiliki dua jenis seri yang cukup terkenal, yaitu seri P3-60 dan seri P3-132S. Untuk seri P3-132S merupakan produk yang paling banyak diminati oleh pengusaha percetakan karena memiliki area potong panjang hingga 120 cm. Spesifikasi P3-60 meliputi:

  1. Maksimal lebar pemotongan: 590 mm
  2. Maksimal lebar media: 719 mm
  3. Ketebalan media: 0,8 mm
  4. Daya tekan maksimal: 400g
  5. Kecepatan potong maksimal (diagonal): hingga 849 mm/s pada arah 45°
  6. Dimensi (tinggi x panjang x lebar): 220 x 879 x 258 mm
  7. Berat bersih: 13 kg

Spesifikasi P3-132S meliputi:

  1. Maksimal lebar pemotongan: 1300 mm
  2. Panjang media pemotongan: 1470 mm
  3. Ketebalan media: 0,8 mm
  4. Daya tekan maksimal: 400g
  5. Kecepatan potong maksimal (diagonal): hingga 849 mm/s pada arah 45°
  6. Dimensi (tinggi x panjang x lebar): 1065 x 1632 x 620 mm
  7. Berat bersih: 53 kg

Kelebihan mesin cutting sticker Puma terletak pada hasil pemotongannya yang sangat baik dan presisi. Sedangkan kelemahannya ialah harganya yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan harga mesin cutting sticker umumnya, dimana harga untuk seri P3-60 mencapai Rp 18 juta. Sedangkan untuk seri P3-132S kurang lebih sekitar Rp 34 juta.

Mesin cutting sticker I Craft

Mesin Cutting Sticker Taiwan

Mesin cutting sticker I Craft disebut-sebut sebagai mesin cutting sticker yang mirip dengan mesin cutting sticker merek Silhouette Cameo buatan Amerika. Tetapi banyak juga yang menyebutnya lebih baik dari Cameo karena kemampuannya yang dapat memotong langsung dari software Corel Draw. Harga mesin cutting sticker I Craft sekitar Rp 5,5 juta. Kekurangannya dibanding dengan Cameo adalah tampilannya yang tidak semenarik Cameo. Spesifikasinya meliputi:

  1. Maksimal lebar pemotongan: 305 mm
  2. Panjang media pemotongan: 1000 mm
  3. Ketebalan media: 0,8 mm
  4. Daya tekan maksimal: 250g
  5. Kecepatan potong maksimal: 300 mm/s

Mesin cutting sticker Expert

Mesin cutting sticker Expert cocok digunakan bagi para pengusaha cutting sticker yang mengutamakan kualitas, kecepatan, dan mesin yang tahan banting. Kelebihannya antara lain:

  • Kemampuan memotong langsung dari Corel Draw
  • Harga yang lebih murah dari mesin buatan Jepang, tetapi sedikit lebih mahal dari mesin buatan China.
  • Hasil cutting yang bagus setara dengan hasil cutting mesin Jepang

Kekurangan mesin cutting Expert ini hanya pada namanya yang belum memiliki reputasi baik di pasaran, sehingga orang masih cenderung ragu-ragu memilihnya. Mesin cutting sticker Expert tersedia dalam empat varian, yaitu Expert 24 dengan area potong 60 cm, Expert 24 LX yang sudah dilengkapi sensor, Expert 52, dan Expert 52 LX dengan area potong 120 cm plus sensor. Harganya dibanderol mulai dari Rp 8 – 20 juta.

Meskipun mesin dari Taiwan tidak begitu terdengar namanya seperti mesin buatan Jepang, China, dan Amerika, Anda tidak perlu ragu untuk memilihnya karena mesin ini mampu bersaing secara kualitas dan kemampuan dengan mesin-mesin lainnya.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *