Cara Menggunakan Mesin Cutting Sticker dengan Baik dan Benar

Cara Menggunakan Mesin Cutting Sticker

Cara Menggunakan Mesin Cutting Sticker dengan Baik dan Benar

Mungkin sebagian dari Anda yang ingin menjalankan bisnis cutting sticker sering bertanya-tanya, bagaimana cara menggunakan mesin cutting sticker dengan baik dan benar. Memang sebaiknya pengetahuan tentang cara menggunakan mesin cutting sticker dipahami sejak awal sebelum Anda memutuskan akan membeli mesin tersebut. Penggunaan yang tidak tepat pada mesin akan mengakibatkan kesalahan fatal yang akhirnya dapat merusak mesin itu sendiri. Anda tidak ingin ‘kan investasi besar pembelian mesin menjadi sia-sia?

Oleh karena itu, penting bagi Anda mengetahui bagaimana cara menggunakan mesin cutting sticker dengan baik dan benar. Berikut ini merupakan penjelasan yang bisa Anda pahami.

Cara Menggunakan Mesin Cutting Sticker

Persiapan

  • Pertama-tama, persiapkan peralatan dan bahan-bahan dalam pembuatan sticker.
  • Peralatan yang harus dipersiapkan antara lain mesin cutting sticker, komputer yang telah terinstall program desain, gunting, pisau cutter, dan penggaris.
  • Sementara bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain bahan sticker untuk dipotong dan transfer tape (sejenis lakban plastik yang bening dan tidak terlalu lengket). Fungsi transfer tape adalah sebagai penutup bagian atas sticker dan sebagai media transfer sticker untuk ditempelkan di tempat yang ditentukan.

Pasang mesin cutting sticker pada komputer

Setelah semua alat dan bahan tersedia, saatnya Anda menghubungkan atau memasang mesin cutting sticker pada komputer. Masukkan software mesin dan install software tersebut pada komputer agar mesin dan komputer dapat terhubung.

Membuat gambar desain

Buatlah desain berupa gambar atau tulisan untuk model sticker. Anda bisa membuat desain menggunakan program desain yang mudah dalam proses pengeditannya. Sebaiknya Anda menggunakan program Corel Draw yang secara umum dikenal mudah, bahkan untuk pemula sekalipun. Setelah selesai, ekspor gambar tersebut ke dalam software ArtCut yang merupakan software bawaan mesin cutting sticker.

Pemasangan sticker ke mesin cutting

Sama seperti printer, sebelum mencetak Anda harus memasang kertasnya. Sebelum mencetak, pasanglah stickernya terlebih dahulu dengan warna yang Anda inginkan. Misalnya untuk sticker dengan satu warna, maka Anda cukup memotong sticker satu kali, begitu juga dengan sticker dua warna, maka Anda harus memotong sticker sebanyak dua kali dengan warna sticker yang berbeda. Pasanglah bahan sticker pada rol atau roda penjepit mesin. Umumnya terdapat 3 penjepit pada mesin cutting sticker.

Persiapkan mesin cutting sticker

  • Tekan tombol online pada mesin cutting sticker
  • Setel bahan sticker yang sudah dijepit dengan roda tadi, coba jalankan maju mundur untuk memastikannya lurus (tombol S+ dan S-). Perhatikan baik-baik pemasangan ini, karena sticker yang tidak lurus dapat mengakibatkan hasil cetakan miring sehingga bahan pun tidak terpakai lagi.
  • Setel jarum atau pisau pada mesin pastikan akan bergeser ke kiri dan ke kanan dengan sempurna. Lalu tekan OK.
  • Setel kecepatan dan tekanan jarum atau pisau. Biasanya telah disediakan petunjuknya pada mesin tersebut.
  • Mesin cutting sticker siap digunakan

Mencetak gambar

Buka program ArtCut yang telah anda install sebelumnya, tentukan lebar dan panjangnya sesuai kebutuhan. Kemudian klik create, import gambar yang telah Anda desain. Kecilkan tampilan agar tampak keseluruhan. Lalu klik cut/plot atau bisa menggunakan tombol Ctrl+k. Kemudian klik Start. Proses pencetakan gambar sudah berjalan.

Finishing

Setelah gambar tercetak pada sticker, selanjutnya lakukan pengelupasan atau buanglah bagian-bagian yang tidak tercetak. Lakukan hal ini dengan sangat hati-hati agar tidak merusak sticker tersebut. Setelah proses pengelupasan selesai, tutup bagian atas sticker atau lapisi dengan transfer tape.

Cara Menggunakan Mesin Cutting Sticker

Demikian cara menggunakan mesin cutting sticker dengan baik dan benar. Semoga bermanfaat bagi Anda yang akan memulai bisnis cutting sticker.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *